Definisi Telematika

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’ bentuk komunikasi jarak jauh. Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Jadi Telematika adalah alat yang berintegrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology) dan secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas.

Perkembangan Telematika dalam Bidang Teknologi sangat berkembang dikarenakan  dari permintaan kebutuhan pengguna/masyarakat di internet, bisnis, dan Industri kreatif. Beberapa TI yang berkembang saat ini , dan akan berlanjut dengan TI yang lebih terbaru dan lebih kreatif dari hari ke hari. Contoh perkembangannya yaitu :

  • Chatting                      : Yahoo messager, Gmail, MIRc, MSN, Skype, dll.
  • Mail                             : Yahoo, Gmail
  • Video Streaming         : Youtobe
  • Social Network           : Facebook, Twitter, Friendster, Plurk, MySpace,

Foursquare, G+, dll.

  • Blog                            : WordPress, Blogger, tumbrl, Kronologger

(microblogging).

Perkembangan Telematika yang terjadi di Indonesia menurut ABI Research menyebut, Indonesia berperan signifikan dalam melambungkan volume penjualan ponsel global pada 2010.

Trend Telematika yang sedang berkembang karena Perangkat teknologi informasi (TI) saat ini, meski semakin murah, tetapi tetap menjanjikan konsumen untuk selalu terkoneksi dengan dunia maya. Ini dimungkinkan bekat kehadiran teknologi internet seperti teknologi jaringan kabel Ethernet, atau pun teknologi Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Fidelity (WiFi).

Saat ini bukan hanya komputer, notebook atau netbook saja yang berkembang ditelematika khususnya bidang teknologi informasi, tetapi ponsel dan smartphone, Internet Enabled Television (IETV), Blu-ray player, konsol game, sistem audio digital, eReader, Perangkat GPS, Komputer Tablet hingga Kamera Digital. Apalagi saat ini hampir semua ponsel, komputer tablet bersaing dari segi aplikasi dan kualitasnya. Contohnya ponsel yang menggunakan aplikasi program Android, itu salah satu contoh trend telematika.

sumber : http://www.wikipedia.org

MitraKomunitasTelekomunikasi.blogspot.com