Contoh-contoh hukum permintaan

  • Selera konsumen

Saat ini, di Indonesia sedang berkembang pesat alat komunikasi yaitu handphone

Blackberry. Kemunculan BB pun memicu persaingan didunia alat komunikasi. Karena harga BB itu sendiri diatas 4 jutaan, sehingga para konsumen banyak yang tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli BB asli jika harga atau penawarannya mencapai 4 jutaan. Akhinya seluruh jenis hp pun berlomba untuk memproduksi handphone bertipe BB dengan harga yang terjangkau dari mulai Rp 299 sampai 4 jutaan. Dari segi fisik seluruh tipe hp yang baru diluncurkan sama persis dengan BB yaitu tipe qwerty. Itulah yang membuat para konsumen merasa seleranya terpenuhi, mereka merasa tidak ketinggalan jaman dengan permintaan tipe hp sejenis BB dengan harga terjangkau.

  • Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap

Berbagai jenis susu pertumbuhan, kini semakin diperhitungkan apalagi semakin mahal harga yang ditawarkan semakin lengkap kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya, namun hanya orang-orang yang berpenghasilan lebih yang dapat menjangkau barang seperti ini. Oleh karena itu para konsumen biasanya lebih memilih tipe susu lain yang harga penawarannya lebih rendah.

  • Intensitas kebutuhan konsumen

Saat bulan ramadhan, kurma adalah buah yang wajib ada disetiap ramadhan tiba maka permintaan kurma meningkat disbanding bulan-bulan biasa.