Masa remaja merupakan masa dimana seseorang memulai pergaulan sosialnya lebih luas. Untuk menjalin hubungan social yang lebih luas, diperlukan keterampilan bersosialisasi yang baik. Kemampuan menyesuaikan diri dalam lingkungan social ditentukan dari :

  • Pengetahuan yang dimiliki
  • Sikap perilaku
  • Kepribadian pada umumnya
  • Kemampuan mengendalikan emosi

Sikap-sikap tersebut perlu diperhatikan dalam pergaulan sosial, diantaranya :

–          Ramah tamah, dengan menunjukan sikap dan ekspresi wajah yang siap menjalin persahabatan dengan siapa saja. Sikap ramah belum tentu menunjukan niat yang baik, malah sebaliknya keramahan seseorang dijadikan senjata untuk melakukan kejahatan, terlepas dari itu semua, keramahan merupakan modal awal untuk menjalin suatu sosialisasi dalam pergaulan.

–          Kesan bersih dan rapi dalam berpakaian. Bukan berarti dalam hal ini kita salah penjabaran, dalam artian orang tidak bisa menerima apa adanya, bukan itu tujuan dari kesan bersih dan rapi dalam berpakaian. Tidak perlu menggunakan barang-barang mewah atau mahal untuk menarik perhatian dalam bersosialisasi, tapi bagaimana kita berpenampilan menarik dan sesederhana mungkin.

–          Berfikiran positif (think positif) selalu berpandangan positif dalam memberikan tanggapan kepada orang lain, jangan menjadi pribadi yang egois.

–          Memiliki selera humor agar suasana terkesan lebih hidup dan tidak membosankan.

–          Tidak mudah marah, orang yang sensitif membuat orang lain enggan menjalin persahabatan atau sosialisasi yang berlebihan karena akan menimbulkan ketidaknyamanan dengan sifat seperti itu.

–          Berpandangan luas dengan ide-ide dan kreativitas segar dalam membangun suasana pergaulan.