Dalam kehidupan sekarang ini, keanekaragaman minat, bakat dan sumber daya manusia dalam dunia kerja semakin beragam bidang karier yang ada. pada masyarakat pedesaan sector pengolahan tnah (agraris) merupakan pilihan karier yang dominan karena terbatasnya persediaan bidang karier yang tersedia. Berbeda dengan di kota, pola masyarakat industri memiliki banyak aneka ragam kebutuhan dan membuka kesempatan adanya berbagai macam bidang karier yang tidak terbatas.

Perkembangan IPTEK yang mengarah pada perkembangan masyarakat menuju ke masyarakat modern semakin membuka lebar kesempatan-kesempatan bidang pekerjaan atau dunia kerja yang baru. Semua itu tergantung dari individu yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam menyikapi setiap perubahan yang ada. salah satu cara untuk mengembangkan bidang karier dimasyarakat modern adalah jeli melihat adanya peluang dan pandai memanfaatkan pelunag yang ada.

Perlu mengenali aneka ragam dunia kerja yang ada di sekitar kita untuk mengembangkan wawasan mengenai luasnya peluang kerja yang dapat kita masuki kelak, sesuai dengan bidang minat dan bakat yang dimiliki. Semakin kita menyelami kehidupan masyarakat yang kompleks maka akan semakin kita pahami bahwa dunia kerja sangat bervariasi dan selalu mengalami perubahan berupa penambahan-penambahan seiring dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK.