Apa itu Manajemen Strategis ?

Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur, sedangkan Manajemen yang berasal dari bahasa itali adalah maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Perancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dalam buku yang berjudul Principles of Scientific Management pada tahun 1911 yang dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor mendeskripsikan cara manajemen yang bersifat efisien dalam berprodulsi yaitu dengan cara :

  • Mengembangkan ilmu yang dimiliki dengan kemampuan pekerjaan seseorang.
  • Berusaha untuk menggali dan mengeksplor kemampuan memanajemen
  • Berupaya untuk berkonsisten dengan apa yang telah dijalankan
  • Bertanggung jawab dengan manajemen tersebut

Manajemen strategis itu adalah berupaya untuk mencapai sasaran dalam suatu kegiatan produksi. Sesuai dengan tujuan dari manajemen suatu usaha tersebut yang merupakan faktor utama yaitu SDM (sumber daya manusia) itu sendiri. Dalam membangun sebuah manajemen strategis, diperlukan fungsi yang mengacu berjalannya sebuah manajemen yang akan dibuat, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun dalam kenyataan saat ini fungsi tersebut direkatkan menjadi 4 fungsi, diantaranya :

  • Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Intinya tujuan dari suatu manajemen itu sendiri.
  • Pengorganisasian (organization) adalah tujuan membagi usaha yang besar menjadi usaha kecil atau yang lebih spesifik.
  • Pengarahan (directing) adalah usaha untuk mencapai sasran sesuai tujuan dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha dalam memanaje organisasi.
  • Pengevaluasi (evaluating) adalah tindakan atau proses pengawasan untuk memastikan kesesuaian dengan apa yang telah direncanakan.

Sebuah perusahan akan berkembang apabila mengacu pada aspek yang telah terjabar dalam penjelasan sekilas tentang manajemen strategis itu sendiri.