Organisasi itu sendiri merupakan wadah atau suatu proses penggelompokkan manusia dalam suatu sistem kerjasama yang efisien. Sedangkan organisasi dan metode itu sendiri adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatian fungsi dan dinamika organisasi dalam rangka untuk mencapai tujuan yang sah untuk ditetapkan. Dari semua penjabaran tadi, dapat disimpulkan bahwa antara organisasi dan metode memiliki spesifikasi dalam bidang manajemen suatu organisasi atau perusahaan tersebut, sebagai contoh perusahaan Indobatik Nusantara, dimana seorang pimpinan harus bahkan wajib menggunakan cara-cara rasional, praktik maupun efisien untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan orang lain, sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain sesuai dengan perusahaan tersebut dan dengan waktu juga cara yang setepat-tepatnya.

Manajemen perusahaan  indobatik nusantara itu sendiri pun memiliki tujuan-tujuan dalam memfasilitasi sistem yang ada dalam perusahaan tersebut, antara lain :

a. Menjalin kerjasama dalam mengembangkan produksi batik secara produktif.

b. Menciptakan kreatifitas dalam perkembangan batik di Indonesia.

c. Mendukung penguatan kegiatan usaha masarakat dalam suatu jalinan kerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi dibidang peningkatan potensi usaha masyarakat.

d. Meningkatkan ketahanan ekonomi masarakat melalui kegiatan usaha yang sudah dikuasai selama ini, dimana dengan ketahanan ekonomi ini diharapkan akan menciptakan lingkungan masarakat yang tertib, aman, tentram dan sejahtera.

Dapat disimpulkan, arti penting tentang perusahaan Indobatik Nusantara ini adalah dengan memperhatikan mutu dan kualitas suatu produk batik itu sendiri secara global yang lebih menekankan pada kreatifitas batik sebagai budaya asli Indonesia, agar lebih mencintai produk Indonesia. Manajemen perusahaan indobatik nusantara tidak terlepas dari unsur-unsur kegiatan suatu perusahaan  atau organisasi itu dapat berjalan, seperti perencanaan, pengorganisasian itu sendiri pendorongan dan pengendalian. Semua unsur-unsur tersebut tidak terlepas dari peranan :

  1. Manusia atau tenaga kerja
  2. Uang atau dana
  3. Bahan-bahan atau  material
  4. Mesin dan peralatan
  5. Tata kerja, dan
  6. Pasar

Dari unsur-unsur tersebut, suatu oragnisasi atau perusahaan Indobatik Nusantara memiliki visi dan misi yang menekankan nilai jual perusahaan tersebut, yaitu dengan membuat produk batik yang menggunakan bahan baku kualitas nomor 1 di Indonesia, ingin membuat trobosan baru yang lebih menantang dengan membuat inovasi terbaru yang lebih uptodate. Cara ini berlaku sebagai nilai plus suatu organisasi atau perusahaan dalam membuat proposal, agar nilai jual organisasi atau perusahaan tersebut lebih memudahkan dalam menjalin hubungan kerjasama.

Perusahaan Indobatik Nusantara memiliki target dalam proses pemproduksiannya yang mengacu pada sumber dari sistem organisasi itu sendiri atau efisiensitifitas yaitu cara perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil dan output batik dengan dateline waktu yang digunakan. Seluruh kegiatan yang telah diuraikan diatas, semuanya saling berkesinambungan sebagai bantuan teknis dan praktis agar memperoleh secara maksimal berdasarkan organisasi dan metode berorganisasi tersebut.